WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 29 Agustus 2012

PENGERTIAN SIMBIOSIS


Pengertian Simbiosis

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme mahluk hidup yang hidup berdampingan atau dapat juga dikatakan simsiosis adalah interaksi antara mahluk hidup.

Ada 3 jenis simbiosis :

1.
) Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua individu mahluk hidup yg berlainan spesies yang saling menguntungkan.
Contoh :
- simbiosis antara jamur dan ganggang;
- simbiosis antara lebah dan bunga;
- simbiosis antara flagellata dan rayap.

2.
)  Simbiosis komensalisme adalah cara hidup bersama dua mahluk hidup yg berlainan jenisnya, salah satu mahluk hidup memperoleh keuntungan dan mahluk hidup yg lain tidak dirugikan.
Contoh :
- simbiosis antara ikan remora dan hiu;
- simbiosis antara tumbuhan anggrek dengan inangnya.

3.
)  Simbiosis parasitisme adalah cara hidup bersama antara dua mahluk hidup yang berlainan jenisnya, salah satu mahkluk hidup memperoleh keuntungan dan yg lain dirugikan.
Contoh :
- Simbiosis antara tali putri dan inangnya;
- Simbiosis antara cacing pita dengan tubuh manusia;
- Simbiosis antara benalu dan pohon mangga.

4.
)  Amensalisme yaitu saat satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan.

5.
)  Kompetisi yaitu saat di mana kedua pihak saling merugikan, biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan.

6.
)  Netral yaitu saat dimana kedua pihak tidak saling diuntungkan maupun dirugikan. Interaksi antar kedua spesies tidak menyebabkan keuntungan maupun kerugian bagi keduanya.



0 komentar:

Posting Komentar