WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 29 Agustus 2012

PERAN DAN FUNGSI FAKTOR BIOTIK BAGI EKOSISTEM


1.       PERAN DAN FUNGSI FAKTOR  BIOTIK DALAM EKOSISTEM
Berdasarkan peran dan fungsinyadalam ekosistem, faktor biotik terdiri dari: produsen, konsumen, pengurai, dan detritivora.
a.)    Produsen: adalah mahluk hidup yang membuat makananya sendiri, yang di sebut juga autotrof. Mahluk hidup yang berperan sebagai produsen adalah tumbuhan hijau (berklorofil) yang mampu melakukan fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Hasil fotosintesis adalah gula. Kemudian gula di ubah menjadi karbohidrat, selain itu juga diubah menjadi bahan organik lain, seperti lemak, protein, selulosa, dan vitamin.
b.)    Konsumen: adalah mahluk hidup yang tidak dapat membuat makananya sendiri, yang disebut juga heterotrof. Berdasarkan asal makananya koonsumen dibagi atas konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 2, konsumen tingkat 3 dan seterusnya.
. konsumen tingkat 1 mendapat makananya langsung dari produsen, misalnya kuda dan sapi.
. konsumen tingkat2 mendapat makananya dari konsumen tingkat 1, misalnya harimau, ular dll.
. konsumen tingkat3 mendapat makananya dari konsumen tingkat 2.
Konsumen puncak adalah konsumen teryinggi dan tidak ada yang dapat memakanya.
c.)     Pengurai (dekomposer): adalah mahluk hidup yang bertugas menguraikan sisa-sisa mahluk hidup yang sudah mati. Pengurai atau dekomposer ini yang memungkinkan tersedianya unsur hara. Yang tergolong dekomposer misalnya adalah jamur dan bakteri pengurai.
d.)    Detritifora: adalah mahluk hidup yang memperoleh makanan dari sisa-sisa organik mahluk hidup, seperti sampah, kotoran hewan, dan bangkai. Yang termasuk detritifora misalnya adalah cacing, siput, dan kaki seribu.


2.       INTERAKSI DALAM EKOSISTEM
Setiap mahluk hidup tergantung pada lingkunganya yang terdiri dari lingkungn biotik dan abiotik. Interaksi suatu indifidu dengn komponen biotik lainya dalam hal makan dan dimakan dapat di gambarkan dalam suatu rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan.
a.)    Rantai Makanan: adalah peristiwa makan dan dimakan dengn urutan tertentu yang memungkinkan terjadinya perpindahan energi dari mahluk hidup satu ke mahluk hidup yang lain. Contohnya:  padi - tikus – ular – musang .
b.)    Jaring-jaring Makanan: adalah pristiwa makan daan dimakan, akan tetapi  hewan tidak hanya memakan salah satu jenis makanan saja, atau dapat dikatakan sebagai rantai makanan yang saling berhubungn satu sama lain.
c.)     Piramida Makanan: adalah suatu keadaan dimana dalam suatu ekosistem, jumlah produsen lebih banyakdari jumlah konsuman. Dalam suatu rantai makanan, setiap mahlu kidup menempati suatu tingkatan tertentu.


Tingkat pertama ditempati oleh produsen, tingkat kedua ditempati oleh herbivora, dan tingkat ke tiga di tempati oleh karnivora dan seterusnya.
Pada suatu ekosistem yang seimbang, msks jumlah produsen lebih banyak dari konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 1 lebih banyak dari konsumen tingkat 2, demikian seterusnya sehingga dapat di gambarkan sebagai sebuah piramida.

        Interaksi dalm mahluk hidup selain di gambarkan dengan rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan juga di gambarkan dalam hubungn simbiosis.
        Simbiosis adalah, hubungn antar mahluk hidup yang berbeda jenis. Simbiosis di bedakan atas, mutualisme, komensalisme, dan paresitisme.
a.)    Mutualisme: adalah hubungan dua mahluk hidup yang dimana keduanya mendapatkan keuntungan. Cotoh: burung jalak dan kerbau. Karena burung jalak mendapat makananya berupa kutu dan parasit yang ada di tubuh kerbau, dan kerbau mendapat pembersihan kutu dan parasit oleh burung jalak.
b.)    Komensalisme: adalah hubungn dua mahluk hidup, dimana salah satu mendapatkan keuntungan namun juga tidak dirugikan. Sebagai contoh: ikan badut dengan anemon. Ikan badut mendapatkan rumah dari anemon, dan anemon tidak mendapatkan untung dengn adanya ikan badut.
c.)     Parasitisme: adalah hubungan dua mahluk hidup, dimana salah satu mendapatkan keuntungn, dan yang lain dirugikan. Contoh: benalu yang menempel pada pohon mangga. Benalu menempel dan menyerap sari-sari makanan pohon mangga.

0 komentar:

Posting Komentar