WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 19 Februari 2012

rpp smk

PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2
Jl. Noenoeng Tisnasaputra, Telp./Fax. (0265) 331839 – Kahuripan Kec. Tawang
Website : www.smkn2tasik.net - Email : smkn_2_tsm@yahoo.com
TASIKMALAYA 46115



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Kode RPP : 001/Fis-SMKN 2 TSM/X-1/2010
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 1-2
Alokasi Waktu : 2 x 3 jam pelajaran (6 x 45 menit)

STANDAR KOMPETENSI :   Mengukur besaran dan menerapkan  satuannya

KOMPETENSI DASAR :

INDIKATOR :








I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan.
Menerapkan satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional.
Menentukan besaran turunan dari besaran pokok.
Menyebutkan lambang dimensi dari besaran pokok dan besaran turunan.
Menganalisis dimensi besaran-besaran fisika.
Mengkonversi satuan
Pertemuan ke-2
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Menentukan banyaknya angka penting dari hasil pengukuran.
Menghitung hasil penjumlahan dan perkalian angka penting.
Membedakan besaran vektor dan besaran skalar.
Menggambar vektor, resultan vektor, dan komponen-komponen vektor.
Menentukan komponen-komponen vektor pada arah sumbu x dan sumbu y (menguraikan satu buah vektor menjadi dua buah vektor).
Menentukan penjumlahan vektor secara grafis dan metode analitis.
Menerapkan operasi vektor dalam memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari.

II. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan ke-1  :
Besaran pokok
Besaran Turunan
Dimensi
Konversi satuan

Pertemuan ke-2  :
Angka penting
Besaran vector dan besaran skalar
Penjumlahan vector
Penguraian vector

III. MODEL, PENDEKATAN DAN METODE PENGAJARAN:
Pertemuan Model Pendekatan Metode
Ke-1 Cooperative learning Proses Ceramah & Diskusi interaktif
Ke-2 Bertukar pasangan Proses Diskusi dan ceramah

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
Pert. Uraian kegiatan Waktu
Ke-1
Kegiatan awal :
Salam pembuka.
Perkenalan dan mengecek kehadiran peserta didik.
Apersepsi
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup serta kegunaan materi yang akan disampaikan, dan motivasi belajar

Kegiatan inti :
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok (kelompok terdiri dari 4 orang).
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian besaran, perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan, pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI), satuan SI untuk besaran pokok dan turunan.
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.

Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok.
Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran – besaran pokok yang disampaikan oleh guru.
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Peserta didik memperhatikan penggunaan awalan – awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan oleh guru.
Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
Guru menjelaskan tentang konversi satuan.
Peserta didik diminta untuk menyelesaikan soal-soal konversi satuan.
Guru memberikan reward kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

Kegiatan akhir :
Membimbing siswa untuk menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari.
Guru memberikan tugas individu pekerjaaan rumah (tentang besaran, satuan, dimensi, dan konversi satuan).
Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya. 15






105



































15

Ke-2 Kegiatan awal :
Salam pembuka dan mengecek kehadiran peserta didik.
Apersepsi
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup serta kegunaan materi yang akan disampaikan, dan motivasi belajar

Kegiatan inti :
Peserta didik (dibimbing guru) berpasangan dengan teman sebangku mendiskusikan angka penting , jumlah angka penting dan operasi –operasi angka penting .
Guru memberikan contoh penentuan jumlah angka penting dan operasi-operasi angka penting.
Peserta didik secara berpasangan disuruh menyelesaian soal – soal angka penting yang telah disediakan guru.

Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain dan saling menanyakan mencari kepastian jawaban, kemudian temuan baru yang didapatkan dari bertukar pasangan diceritakan ke pasangan semula.
Guru berkeliling membimbing peserta didik yang  masih mengalami kesulitan.
Guru menunjuk peserta didik secara acak untuk mengemukakan hasil diskusinya.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Peserta didik secara berpasangan mendiskusikan perbedaan besaran vektor dan besaran scalar beserta contohnya.
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Peserta didik memperhatikan penulisan simbol vector, langkah-langkah penjumlahan vektor dengan metode jajar genjang, penguraian vektor dan penjumlahan vector dengan metode analitis yang disampaikan oleh guru.
Guru memberikan beberapa soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode jajar genjang, penguraian vektor dan penjumlahan vector dengan metode analitis serta penerapan operasi vector dalam pemecahan masalah untuk dikerjakan oleh peserta didik.
Guru menunjuk peserta didik secara acak dan mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
Guru memberikan reward kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

Kegiatan akhir :
Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari
Guru memberikan tugas (tentang angka penting dan penjumlahan vektor)
Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya. 10





110








































15

V. SUMBER, MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN:
A. SUMBER
Buku Fisika
Modul



B.  MEDIA
Power point
Media pembelajaran Pesona Fisika

C.  ALAT PEMBELAJARAN
Komputer PC/Laptop
LCD Proyektor

VI. PENILAIAN:
A. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Tugas Individu
- Tugas kelompok

B. Bentuk Instrumen:
- Uraian

C. Instrumen :
Pertemuan ke-1 :
Tugas kelompok :
1. Apa yang dimaksud dengan besaran?
2. Jelaskan dan berikan contoh besaran pokok dan besaran turunan!
3. Mengapa kita perlu memakai satuan sistem internasional (SI)?
4. Sebutkan satuan SI dari besaran pokok!
5. Tuliskan satuan SI dan dimensi dari luas, volume, kecepatan, percepatan, gaya, tekanan!
6. Tuliskan contoh analisis dimensi dari besaran turunan!
7. Konversi satuan berikut ini :
a. 800 g =.....kg
b. 70 µm =.....m
c. 500 µF =.....F
d. 20 in =.....cm
e. 72 km/jam =.....m/s
f. 1 g/cm3 =.....kg/m3


Pertemuan ke-2 :
Tugas kelompok :
1. Sebutkan banyaknya angka penting pada bilangan-bilangan hasil pengukuran di bawah ini!
a. 3,80002 kg
b. 0,025 m
c. 4,8000 cm
2. Hitunglah dengan berpedoman pada aturan angka penting!
a. 143,56 gram+ 22,5 gram
b. 0,346 m x 3,1 m
c. 56,43 cm : 2,43 cm
3. Jelaskan dan berikan contoh besaran vektor dan besaran skalar!
4. Dua buah vektor gaya (F1 dan F2) yang berturut-turut besarnya 3 N dan 4 N menarik sebuah benda di titik P. Keduanya membentuk sudut 600. Gambarkan, tentukan panjang dan arah resultan vektor dengan cara :
a. Metode grafis
b. Metode analitis
5. Sebuah vektor gaya sepanjang 16 cm membentuk sudut sebesar 300 terhadap sumbu y di kuadran I. Tentukan panjang komponen vektor dalam arah sumbu x!

D. Rubrik Penilaian :
Pertemuan ke-1 :
No. Kunci Jawaban Skor
1. Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka 5
2. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu. Contohnya: panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, jumlah zat, dan intensitas cahaya.
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Contohnya : luas, volume, massa jenis, kecepatan, percepatan, gaya, usaha,dll 10
3. Satuan SI sangat penting karena dalam mengukur suatu besaran harus digunakan pembanding yang tetap dan akurat dan seragam disemua Negara. 5
4. Panjang=meter (m), massa= kilogram (kg), waktu= sekon (s), suhu= Kelvin (K), kuat arus= ampere (A), jumlah zat= mole (mol), intensitas cahaya = candela (Cd). 15
5. luas=m2 (L2), volume = m3 (L3), kecepatan = m/s (LT-1), percepatan = m/s2 ( LT-2), gaya= kgm/s2 or Newton (MLT-2), tekanan= kgm-1s-2 (ML-1T-2) 20
6. Rumus jarak s=1/2 at2 dengan a adalah percepatan dan t adalah waktu.
Untuk memastikan rumus ini benar secara dimensi, kita harus membuktikan bahwa dimensi ruas kiri sama dengan ruas kanan, sehingga analisis dimensinya :
[L]=[LT-2][T]
[L]=[L]. dimensi kedua ruas sama sehingga rumus tersebut benar secara dimensi dan persamaan tersebut mungkin benar. 15
7. a. 800 g = 0,8 kg
b. 70 µm = 7.10-5 m
c. 500 µF = 5.10-4 F
d. 20 in = 50,8 cm
e. 72 km/jam = 20 m/s
f. 1 g/cm3 = 1000 kg/m3 30
Jumlah 100

Pertemuan ke- 2 :
No. Kunci Jawaban Skor
1. a. 6 angka penting
b. 2 angka penting
c. 5 angka penting 15
2. a. 166.1 g
b. 1,1 m2
c. 23,2 cm2 20
3. Besaran vector adalah besaran yang memiliki besar dan arah. Contohnya : perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya, dll.
Besaran scalar adalah besaran yang memiliki besar (nilai) tetapi tidak mempunyai arah. Contohnya : panjang, massa, waktu, suhu, jarak,dll. 20
4. a.       3 N                          R



                        4 N
Resultan vektor di dapatkan dengan cara mengukur panjang R dengan mistar, dan didapatkan hasilnya
b.






30
5. 15
Jumlah 100


                        Skor perolehan
Nilai akhir  :  _________________   x   100
                           Skor maksimal



0 komentar:

Posting Komentar